Type something and hit enter

On
Waktu Wawancara Kerja yang sangat krusial bagi pelamar kerja adalah bukan pada saat dia melamar pekerjaan tetapi ketika dia memasuki sesi ini. Sesi Wawancara ini merupakan saat yang menentukan bagi para pencari kerja. Berbagai persiapan tentunya Anda lakukan sebaik mungkin agar tidak mengecewakan si pewawancara.

Mungkin saat ini anda sedang berada dalam titik jenuh ketika berulang kali gagal dalam melamar pekerjaan yang anda inginkan, Apalagi ketika gagal di tahap terakhir yang biasanya adalah wawancara kerja, seringkali kita dibuat kecewa setelah muncul harapan akan di terima namun akhirnya kandas. Setelah itu kita pasti bertanya - tanya dalam hati, apa yang salah dari saya?
Penyebab Gagalnya Wawancara Kerja
Di antara para pelamar kerja lainnya, tentu saja Anda ingin memberikan sesuatu yang terbaik dan menjadi satu-satunya orang yang melamar kerja diantara yang lain lalu terpilih untuk menempati posisi yang diinginkan. Menurut dari berbagai pengalaman di internet ada beberapa hal yang tidak boleh Anda katakan ketika sedang interview pekerjaan. Nah bisa jadi  hal inilah yang tanpa sadar anda lakukan sehingga mengakibatkan kegagalan anda dalam wawancara.

Yang Menjadi Penyebab Anda Gagal Dalam Wawancara Kerja

1. Menanyakan Tentang Cuti dan Kebijakan
Setiap karyawan tentu ingin menikmati libur panjang atau mendapatkan cuti, namun itu bukanlah hal yang tepat untuk ditanyakan ketika sedang interview kerja. Anda belum tentu diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut, jadi hindari berbicara tentang cuti. Jika menanyakan hal tersebut, maka Anda akan terlihat tidak bertanggung jawab dan ceroboh. Jadi sebaiknya tunjukkanlah dedikasi dan keingininan Anda untuk bekerja.

2. Mengatakan Bahwa Anda Tidak Menyukai Pekerjaan Sebelumnya
Ketika ditanya tentang pekerjaan sebelumnya, jangan awali jawaban Anda dengan keluhan. Anda harus menggambarkan bahwa pekerjaan sebelumnya cukup menyenangkan. Namun sebaiknya berikanlah alasan yang tepat mengapa Anda keluar dari kantor sebelumnya.

3. Berapa Gaji yang Akan Didapat
Anda tidak memiliki hak untuk menanyakan hal ini kepada interviewer. Si pewawancara akan menanyakan beberapa hal, dan Anda cukup menjawab apa yang mereka tanyakan. Jika Anda ingin bertanya, sebaiknya tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Jika interviewer menanyakan berapa gaji yang Anda harapkan, Anda cukup menjawab, "saya yakin perusahaan akan memberikan gaji yang sesuai dengan pekerjaan saya."

4. Apakah Saya Harus Menggunakan Pakaian Formal?
Ini adalah pertanyaan yang tidak harus Anda tanyakan ketika sedang interview kerja. Di dunia profesional, Anda harus bersikap matang. Ada beberapa peraturan dan tata tertib dalam perusahaan yang harus Anda ikuti. Saat menjalani interview, yang terpenting adalah Anda harus percaya diri dan buatlah diri Anda senyaman mungkin.

5. Tidak Mengenal Perusahaan Secara Baik
Jika Anda sudah mengetahui/mengenal perusahaan tersebut, menunjukkan bahwa Anda layak  bekerja di sana. Pewawancara pun akan terpukau saat mengetahui Anda sudah familiar dengan perusahaan mereka. Bila Anda tidak mengetahuinya, maka itu pertanda Anda tidak siap untuk melakukan wawancara kerja.

6. Tidak Paham Visi & Misi Perusahaan
Sebelum Anda memutuskan untuk interview kerja, sebaiknya pahamilah visi dan misi perusahaantersebut. Sebab, salah satu prosedur standar karyawan adalah memahami visi dan misi perusahaantempatnya bekerja. Jika Anda tidak memahaminya sejak diinterview kerja, tandanya Anda tidak siap melakukan wawancara.

7. Tidak Memahami Tugas Yang Di Lamar
Ketika Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, Anda harus mengetahui apa saja tugas dari posisi yang diincar tersebut. Jangan sampai saat melakukan interview kerja, Anda malahmenanyakan kepada si pewawancara mengenai apa saja tugas yang harus dilakukan jika memangnantinya Anda diterima di perusahaan itu.

8. Tidak Berani Mengajukan Pertanyaan Untuk Si Pewawancara (interviewer)
Pewawancara tentunya akan memberikan kesempatan untuk Anda bertanya. Apabila tidak melakukannya, mereka akan menganggap Anda tidak bersungguh-sungguh bekerja di sana dantidak siap diwawancara kerja. Menyiapkan bahan pertanyaan sebelum tes wawancara adalah halyang tidak boleh dilupakan.

Inti dari semua ini janganlah pernah menyerah, terus introspeksi diri dari sebuah kegagalan, karena jika kita menyerah maka selesailah sudah. Jangan iri dengan keberhasilan orang lain, karena waktu kita itu berbeda dengan mereka.

Ingin mengetahui tips lainnya silahkan baca tips wawancara kerja yang sudah pernah ditulis dalam post sebelumnnya.