Type something and hit enter

ads here
On
advertise here
Cara Cepat Menghafal - Belajar yang paling enak adalah pada saat badan kamu masih segar. Waktu belajar yang dilakukan setiap orang itu berbeda-beda. Tapi biasanya, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. Terkadang, kita diharuskan menghafal materi yang begitu banyak. Namun sebenarnya ada banyak cara cepat untuk menyiasatinya.

Sebelumnya ada hal yang harus dibedakan antara memahami dan menghafal. Ada yang sanggup menghafal tanpa memahami, tetapi ada yang harus memahami dulu sebelum dapat menghafal.

Pada pelajaran eksakta dan fisika dibutuhkan pemahaman terlebih dulu, namun sering kali sulit untuk memahami bukti dan kebenaran sebuah rumus/formula atau teori, namun dengan banyak mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan secara terus menerus, rumus/formula dan teori yang sering digunakan (walau sulit untuk difahami) akan hafal dengan sendirinya.
cara menghafal
Ada suatu cara untuk mengingat/menghafal sesuatu yang tidak terlalu memerlukan kecerdasan.:

Tips Cepat Menghapal Materi Pelajaran

1. Memanfaatkan keterkaitan apa yang akan dihafal dan belum difahami dengan data/perbendaharaan pengetahuan yang telah tersimpan atau sering kita manfaatkan sehari-hari.

Menghafal kata atau kalimat, terutama bahasa asing, akan lebih mudah jika kita kaitkan dengan kesenangan/hoby kita, misalnya menghafal kata/kalimat dalam sebuah lagu/nyanyian, doa, mendengar berulang-ulang dari TV/radio/rekaman. membaca dari buku, majalah atau surat kabar.

2. Memanfaatkan segala yang telah kita fahami dan kita ingat dan hafal sebagai modal untuk memperluas wawasan/pengetahuan kita sehingga dapat memperoleh kemudahan dalam memecahkan persoalan yang kita hadapi. Jika kita menyadari perlunya memahami dan mengingat, maka akan mendorong untuk belajar memahami dan mengingat apa saja, bukan hanya pelajaran.

Yang harus disadari: semuanya memerlukan: ketertarikan, mengetahui/merasakan manfaatnya, hingga berusaha mencapai yang kita inginkan.

3. Melatih Kemampuan

Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu perintah dari guru, kamu bisa langsung menjawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan yang kamu miliki. Jika ada yang kurang jelas mengenai pertanyaannya, maka kamu bisa bertanya pada guru.

4. Mengembangkan Materi

Jika kamu sudah mengulang materi dan menjawab soal, maka jangan langsung menutup buku. Kamu bisa membuat pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan dan mintalah bantuan guru untuk menjawabnya. Jika belum merasa puas, maka kamu bisa mencari jawabannya dari buku atau internet. Cara ini bisa dilakukan agar kamu selalu berpikir ke depan dan kritis.

Itulah cara belajar efektif  agar mudah mengingat pelajaran. Jika menerapkan itu dalam kehidupan sehari-hari, maka akan lebih mudah mengingat pelajaran di sekolah. Selain itu, saat ujian tiba kamu tak usah mempelajari semua materi karena beberapa materi pelajaran sudah di kuasai.

Segalanya butuh waktu dan perjuangan, maka janganlah berharap dapat mencapai sesuatu secara cepat/instant dan tanpa perjuangan.

Jangan mengkambing hitamkan otak hingga menuduh lemot, yang lemot itu semangat belajarmu!